Pencegahan Serangan Jantung

Pencegahan Serangan Jantung – Dalam mencegah serangan jantung adalah penting untuk diperhatikan baik kepada orang yang sudah tua maupun yang masih muda. Karena penyakit jantung adalah sangat berbahaya dan merupakan penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Jantung adalah organ yang biasa mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Maka ketika darah mengalir, anggota tubuh yang lainnya dapat berfungsi dengan baik dan normal. Namun apabila jantung tidak mengalirkan darah secara lancar, maka tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik bahkan akan menyebabkan kematian.

Pencegahan Serangan Jantung

Serangan jantung disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah, darah mengental ataupun lemahnya pembuluh darah sehingga aliran darah yang menuju ke jantung terhambat. Selain itu, bisa terjadi juga karena kekurangan oksigen yang menjuju ke jantung.

Seperti telah disebutkan diatas, bahwa penyakit serangan jantung bisa menyerang ke semua usia baik muda ataupun tua. Maka penting sekali sejak usia dini untuk menjalankan pola hidup sehat dan pola makan sehat sebagai pencegahan penyakit jantung pada masa umur bertambah nanti. Jika Anda terkena serangan jantung, akan memungkinkan timbulnya keretakan pada katup jantung, lemah otot jantung dan juga gagal jantung, sehingga fungsi jantung tidak bekerja dengan baik.

Pencegahan Serangan Jantung

Salah satu penyebab umum yang dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung adalah karena merokok. Hal ini dikarenakan rokok bisa meningkatkan tekanan darah tinggi sehingga darah yang terlalu tinggi mengalami penyempitan yang dapat mengganggu aliran pasokan darah ke jantung. Maka penting sekali bagi Anda yang sudah terkena serangan jantung untuk sedikit-sedikit mengurangi merokok dan kalau bisa berhenti merokok.

Untuk mencegah serangan jantung, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut:

  • Secara rutin dan teratur untuk olahraga. Orang dengan kondisi fisik yang baik terutama yang suka olahraga akan terhindar dari efek serangan jantung. Ini karena lemak yang ada pada pembuluh darah tidak menumpuk sehingga darah mengalir secara normal.
  • Pola makan sehat/baik. Cara kedua untuk pencegahan serangan jantung adalah dengan menjalani pola makan sehat. Yaitu makanlah makanan yang dapat mencegah serangan jantung seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng dan penuh lemak.
  • Kurangi merokok dan minum minuman beralkohol. Jika Anda terbiasa dengan rokok dan minuman beralkohol, sebaiknya dikurangi dan kalau bisa dihentikan. Selain bisa mencegah serangan jantung terjadi, kedua pola hidup tidak sehat ini jika dihentikan akan menjaga kesehatan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Pencegahan Serangan Jantung

Tulisan ini dipublikasikan di Cara Mengobati Penyakit Jantung. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *